-->

Mengenal Microsoft Visual Basic 6.0


Bahasa  basic  pada  dasarnya  adalah  bahasa  yang  mudah  dimengerti  sehingga pemrograman  di  dalam  bahasa  Basic  dapat  dengan  mudah  dilakukan. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic yang dibangun dari  IDE  (Integrated  Development  Environment)  untuk  membuat  bahasa  yang sederhana  dan  mudah  dalam  pembuatan  scriptnya  (Simple  Scripting Language)  untuk  grapich  user  interface  dalam  bentuk  form  sedangkan  untuk codingnya  menggunakan  dialek  bahasa  Basic  yang  dikembangkan  dalam  sistem operasi Microsoft Windows.

Visual  Basic  adalah  bahasa  pemrograman  berbasis  Windows  yang merupakan Object  Oriented  Programming (OOP),  yaitu  pemrograman berorientasi  objek,  Visual  Basic  menyediakan  objek-objek  yang  sangat  kuat, berguna dan sangat mudah dalam penggunaannya. Pemakaian  Visual  Basic  ditandai  dengan  kemampuan  Visual  Basic  untuk dapat  berinteraksi  dengan  aplikasi  lain  di  dalam  sistem  operasi  windows  dengan komponen  ActiveX  Control.  Dengan  komponen  ini  memungkinkan  pengguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi  windows.  Hal  ini  juga  ditunjang  dengan  teknik  pemrograman  di  dalam Visual  Basic  yang  mengadopsi  dua  macam  jenis  pemrograman  yaitu Permrograman Visual dan Object Oriented Programming (OOP).

Dalam  penggunaan       User-interface  tidak  akan    menyadari  bahwa  di belakangnya  berjalan  instruksi-instuksi  program  yang  mendukung  tampilan  dan proses yang dilakukan. Pada  pemrograman  Visual,  pengembangan  aplikasi  dimulai  dengan pembentukan user  interface kemudian mengatur  properti  dari  objek-objek yang digunakan dalam user interface, dan baru dilakukan penulis kode program untuk menangani kejadian-kejadian  (event).  Tanpa pengembangan  aplikasi  demikian dikenal dengan dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan Bottom Up.

0 Response to " Mengenal Microsoft Visual Basic 6.0"

Posting Komentar

Popular Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel